Trend Jaket, Sweater, dan Hoodie ?


Taukah kamu? Selain Kaos sablon, dijaman milenial saat ini yang banyak dan sering dipakai oleh banyak orang adalah sweater, jaket, dan hoodie, memakainya saat ini juga sudah seperti menjadi tren tersendiri dalam berpakaian untuk berbagai kalangan dan usia dari anak-anak, remaja, dewasa sampai orang tua bisa dipakai oleh pria ataupun wanita, Terlepas dari fungsinya. Pada musim hujan / dingin, memilih fashion item yang tepat tidak hanya memberikan tampilan yang menarik namun juga bisa menjaga badan tetap hangat dari suhu yang dingin. Nah, saat hawa dingin melanda, tentunya sweater hoodie bisa jadi pilihan yang dapat melindungi kamu dari suhu udara yang dingin ini.

Awal Mula (Sejarah) Sweater Hoodie

Jenis Jaket dengan ciri khas yang menggunakan penutup kepala atau biasa kita sebut “kupluk” ini telah menjadi pakaian yang nge-trend di seluruh dunia. awalnya ditemukan pada abad pertengahan di benua Eropa dan pertama kali diproduksi di Negara Amerika Serikat pada tahun 1930, Sweater hoodie yang dimaksudkan di sini sebelumnya terbuat dari bahan kain, belum rajutan. Jenis pakaian Atasan ini awalnya diciptakan untuk para biarawan dengan model seperti jubah sampai menutupi bagian atas kepala. Pakaian yang identik dengan ukuran yang longgar ini pertama kali dipasarkan di New York yang membidik target pasar para pekerja saat musim dingin. kemudian sampai pada tahun 1990-an sweater hoodie menjadi sangat populer karena banyak dipakai oleh para penyanyi hip-hop / Rap, dan sampai saat ini tren sweater hoodie terus berkembang dan digunakan oleh banyak pecinta fashion sebagai trend dalam berpakaian. Tetapi, jenis jaket ini juga ternyata mendapatkan citra negative. karena Dengan ciri khas dengan adanya penutup kepala, jaket tersebut selalu dikaitkan dengan remaja pembuat onar trouble maker dan perilaku anti-sosial. Jaket ini kemudian menjadi item populer bagi kalangan remaja dan anak muda.

Trend Sweater Kegunaan dan Fungsi

Mode berpakaian dengan menggunakan sweater ini bisa menjadi tampak keren saat dipadupadankan dengan beragam jenis bawahan. Misalkan, celana atau rok. Sementara umumnya, sweater dipakai di atas kemeja, blus, atau kaos oblong / kaos sablon. Hoodie juga menawarkan kenyamanan pemakainya. Namun perlu diketahui bahwa sebenarnya, pakaian ini adalah bagian budaya rap yang menyimbolkan pembangkangan. Secara musikal dan gaya, item ini memproyeksikan ancaman dan bahaya serta kemarahan. Atasan berkerudung adalah salah satu dari sederet pakaian yang dipilih oleh anak muda jaman sekarang yang menjadi simbol dari budaya tersebut. Sebenarnya, hoodies sendiri sangat direkomendasikan di semua kegiatan. Baik untuk bepergian, tidur, nge- gym, dan bahkan jaket tersebut bisa melindungi kamu dari cuaca buruk. Jaket ini makin membuat nyaman dengan campuran bahan katun yang tepat.Dengan ciri khas (hoodie) kerudung / kupluk, maka jaket tersebut kini memiliki lebih banyak manfaat seperti Sebagai pakaian olahraga, Sebagai penghangat tubuh, Sebagai jaket couple, Sebagai pakaian untuk berpergian Selain menggunakan jaket kulit atau jaket denim, jaket sweater hoodie ini juga menjadi pilihan banyak bikers. Selain hangat, kain juga cenderung nyaman untuk bergerak karena tidak kaku dan ketat. Itulah kenapa jaket hoodie bisa dipakai oleh siapa saja dan untuk kegiatan apa saja.

Perbedaan dan pengertian jaket, sweater, dan hoodie

Pasti Kebanyakan dari kita masih menyangka bahwa hoodie adalah bagian dari jaket ataupun sweater. tetapi, taukah kamu bahwa ketiga dari outerwear tersebut sangat berbeda. meskipun desainnya memang hampir serupa yang menyebabkan banyak dari kita salah dalam memahaminya, sebenarnya ada ciri khas dari hoodie, jaket dan sweater yang membedakannya antara satu dengan yang lainnya.

Hoodie?

Kata hoodie berasal dari Bahasa Inggris “hood” yang berarti ialah kerudung / kupluk atau penutup kepala. nah Dari sini, kamu sudah mendapatkan jawaban apa itu hoodie dan ciri-cirinya yang pertama, yaitu memiliki penutup kepala. Untuk masalah bentuk, hoodie adalah pakaian berlengan panjang dengan memiliki desain kantong atau saku pada bagian depannya. Di bagian penutup kepala hoodie biasanya juga terdapat tali untuk menyesuaikan penutup kepala saat kamu memakainya. Pada bagian depan hoodie, kamu juga akan menemukan resleting atau zipper yang dipakai untuk membuka dan menutup bagian depan. Hoodie dengan resleting ini biasa disebut dengan ziphood atau zipper hoodie. Sedangkan, ada pula versi hoodie yang tanpa resleting. Hoodie tanpa resleting inilah yang biasa banyak dijual dan dipakai banyak orang saat ini. Jadi, jangan salah, ya. Hoodie bukan hanya pakaian lengan panjang dengan penutup kepala dan tanpa resleting karena ada juga versi ziphood dengan resleting pada bagian depannya. Kebanyakan hoodie juga terbuat dari bahan-bahan yang lembut dan nyaman, namun tidak setebal jaket, Kalau bahannya tipis dan hanya satu lapis, maka bisa disebut hoodie. Tetapi bila outerwear tersebut memiliki lebih dari satu lapis, dengan bahan-bahan yang bisa untuk menghangatkan badan, maka bisa disebut dengan jaket.

Baca Juga : Trend sweater, kaos Oversize ala Kpop Star

Jaket?

Apasih jaket itu dan apa perbedaannya dengan hoodie? Jaket termasuk dalam outerwear atau pakaian luar atasan yang memiliki panjang sampai dengan pinggang atau pinggul. Bahan yang dipakai untuk jaket biasanya adalah bahan denim, kulit, kanvas, ataupun parasut. Jaket ini terbuat dari bahan tebal supaya bisa menahan angin dan cuaca dingin musim hujan. Bahkan, tak jarang di bagian dalam jaket ada bahan lain seperti bahan fleece yang mampu menghangatkan badan. Di bagian depan jaket, kamu juga akan menemukan resleting maupun kancing yang bisa dibuka ataupun ditutup. nah tetapi ada juga beberapa design model jaket yang disertai dengan “hoodie” penutup kepala atau kupluk seperti contohnya jaket parka. Jaket parka ini beberapa tahun ke belakang sedang naik daun dan digemari oleh banyak orang.


Sweater?

Sweater” adalah berasal dari Bahasa Inggris yang berarti adalah “penghangat”. Sesuai namanya, fungsi sweater adalah sebagai penghangat tubuh, terutama saat musim hujan. Demi mendukung fungsinya tersebut, biasanya sweater dibuat dari kain wool, katun, fleece, dan baby terry yang lebih tebal. Sweater bisa kamu pakai sebagai outerwear, di atas kemeja, kaus, blues, dan pakaian lain. Sweater yang sudah kita ketahui adalah pakaian rajut yang dipakai untuk menutupi badan sampai lengan. Makanya, tidak mengherankan apabila pakaian ini lebih banyak menggunakan lengan panjang. Untuk jenisnya, sweater tidak hanya satu saja, tetapi, ada beberapa macam yaitu cardigan dengan ciri bagian depan terbuka dan pullover yang bagian depannya tertutup tanpa resleting ataupun kancing.

baca juga: Jenis Bahan Kaos