Jenis Bahan Kaos Sablon

bahan kaos sablon

Jika Kamu ingin memulai usaha di bidang jual bahan kaos atau mau membeli kaos sablon maka jenis-jenis bahan kaos yang bagus dan nyaman harus Kamu ketahui dan pahami dengan sangat baik. di artikel ini, wolverid akan memberikan ulasan tentang beberapa jenis bahan kaos yang biasa dan banyak digunakan saat ini seperti:

Bahan Kaos Cotton Combed atau Katun Combed

Jika Kamu ingin memiliki usaha jual bahan kaos ataupun ingin membeli kaos sablon, jenis kain yang satu ini pasti sudah banyak dikenal. Cotton combed atau katun combed adalah bahan yang didapatkan dari serat kapas dan memiliki karakterisitik benang yang lebih halus dibandingkan bahan lain, selain itu, kaos jenis ini juga tidak berbulu, lebih rata, dan hasil rajutannya lebih bagus. bahan ini Sangat umum dipakai para pelaku DISTRO CLOTHING, wolverid clothing juga menggunakannya untuk bahan kaos sablon satuan atau lusinan untuk para pelanggan.

Katun Combed ( Bahasa Inggris = Cotton Combed ), Bahan kaos cotton combed adalah bahan katun yang paling halus dan telah mengalami proses penyisiran (combed) terlebih dahulu sebelum dipintal menjadi gulungan benang. Bahan Kaos Cotton Combed ini murni menggunakan bahan katun saja tanpa dicampur dengan bahan-bahan sintetis seperti Polyester sehingga tidak memiliki campuran senyawa kimia di dalamnya sehingga lebih berkualitas dan benangnya pun lebih kokoh.

Cotton combed ini pun memiliki beberapa jenis yang diklasifikasikan berdasarkan ketebalannya. Semakin besar angka, seperti 20, 24, 30, 40, maka semakin tipis bahannya dan harga juga semakin mahal. Angka dari 20, 24, 30, 40 adalah tipe benang yang digunakan pada proses perajutan menjadi bahan kain. Banyak konsumen yang belum mengetahui apa arti dari 20s, 24s, 30s, dan 40s. seperti yang kita ketahui semakin kecil angka tersebut maka semakin tebal bahan kaos yang dimaksud, tetapi angka tersebut tidak 100% bisa memastikan ketebalan pada bahan kaos di antara produsen-produsen bahan katun karena ukuran bisa saja berbeda dari produsen satu ke produsen yang lainnya. Untuk huruf “s”dibelakang pada angka disebut single knitt/jarum tunggal atau double knitt/jarum ganda adalah jenis tipe rajutan pada bahan kaos dan Gramasi adalah ukuran dari berat kain dengan satuan gram/m2.

Cotton combed memiliki ciri khas yang berbeda dari bahan lainnya, seperti serat benang yang halus, tekstur kain dan hasil rajutan rata, nyaman dipakai karena mudah menyerap keringat, tidak mudah kusut ataupun luntur, dan sangat mudah untuk proses sablon kaos oblong atau tshirt.

  • Benang 20 pada umumnya digunakan untuk menghasilkan bahan kain dengan gramasi 180-220gr/m2 untuk jenis rajutan jarum tunggal
  • Benang 24 pada umumnya digunakan untuk menghasilkan bahan kain dengan gramasi 170-210gr/m2 untuk jenis rajutan jarum tunggal
  • Benang 30 pada umumnya digunakan untuk menghasilkan bahan kain dengan gramasi 140-160gr/m2 untuk jenis rajutan jarum tunggal dan 210-230gr/m2 untuk jenis rajutan jarum ganda.
  • Benang 40 pada umumnya digunakan untuk menghasilkan bahan kain dengan 110-120gr/m2 untuk jenis rajutan jarum tunggal dan 180-120gr/m2 untuk jenis rajutan jarum ganda.

Bahan Kaos Polyester (PE)

Jenis kain satu ini memiliki bahan yang terbuat dari serat sintetis Ciri khas dari bahan kaos jenis polyester (PE) ini bisa diketahui dengan sulitnya noda makanan dan minyak untuk dihilangkan, lebih kuat serta tahan lama untuk direndam bahkan bisa sampai lebih dari 3 jam, dan pada umumnya bahan ini sering dicampur dengan bahan lain seperti linen, viscose, serta katun.

Bahan Kaos M-TIIS atau Milano Dryfit

Untuk kain jenis ini, memiliki sifat yang cukup elastis namun lebih berat dibandingkan dengan spandek pada umumnya. Bahan kain hyget Kain ini dari benang spesial yang memiliki sifat penyerapan air yang tinggi sehingga cepat kering dan terasa dingin. Pakaian menjadi terasa ringan, lembut, kering, nyaman dan stretch yang bagus. Bahan kaos M-TIIS atau Milano dryfit sangat cocok digunakan untuk pakaian olahraga atau kaos jersey.

Bahan Kaos Katun Bambu.

Bahan kain bamboo cotton atau kain katun bambu ini merupakan campuran serat bamboo dan serat cotton, dimana serat bamboo lebih dominan dibandingkan cotton. Kain ini memiliki kekuatan, stabilitas yang lebih tinggi dari rayon. Kain Bamboo Cotton sangat cocok untuk kulit yang sensitif karena teksturnya yang lembut, elastis, tahan lama dan sejuk walaupun dipakai dibawah terik matahari karena daya tembus sinar UV di serat bambu 20% lebih rendah dibandingkan dengan kain jenis lain. Selain bahan kain katun bambu sangat cocok dijadikan pakaian anak atau pakaian bayi karena tekstur yang lembut serta bahan kaos yang adem menjadi pilihan tepat untuk anak.

Baca Juga : Sejarah dan pengertian Sablon